Minggu, 02 Januari 2011

Komisi C Akan Serius Garap Seni dan Budaya

Anggota Komisi C DPRD Karawang, saat mengahdiri Pasar Seni dan Budaya Sunda di Padepokan Saung Beureum.

KARAWANG, RAKA - Semangat wakil rakyat yang duduk di Komisi C DPRD Kabupaten Karawang, untuk lebih serius melestarikan kesenian, dan kebudayaan asli Karawang perlu dijadikan catatan tersendiri bagi Pemerintah Daerah Karawang periode mendatang. Pasalnya, mereka terus memberikan apresiasi setiap gelaran seni dan budaya yang diselenggarakan, termasuk gelaran di Saung Beureum.

"Ini baik sekali dari sisi ekonomi bagi masyarakat setempat. Cara melestarikan seni, dan budaya dalam kemasan di Saung ini pun ternyata menjadi wadah yang layak bagi seniman lokal," jelas anggota DPRD Karawang Fraksi Demokrat, Nurjaman, kemarin.

Dari catatan kali ini, Nurjaman bisa mengetahui bahwa gabungan antara berbagai kesenian tradisional yang dikemas dengan bentuk pasar, bisa menghidupkan perputaran roda ekonomi bagi masyarakat. "Pertunjukan seni yang menjadi pemikat, ternyata menciptakan peluang yang besar bagi masyarakat pelaku seni," Ucapnya seraya mengakui akan lebih serius memperjuangkan keberadaan seni tradisional Karawang.

Selain itu, Nurjaman sebagai putra daerah merasa memiliki tanggung jawab untuk membantu para seniman lokal bisa bersaing seiring berkembang jaman era modernisasi seperti sekarang. Sebagai daerah yang besar, menurutnya Karawang harus bisa melestarikan, dan membanggakan tradisi seni dan budayanya sendiri. "Melalui pasar seni seperti ini paling tepat untuk membuat kesenian daerah tetap eksis," ungkapnya.

Hal senada disampaikan Nurlela S. Arifin, anggota Komisi C DPRD Karawang Fraksi PBB, yang mengerti bahwa melestarikan kesenian, dan kebudayaan tradisional itu perlu dukungan yang tidak sedikit, ketika sebagian besar masyarakat mulai memilih sesuatu yang serba instan. "Untuk tetap eksis melestarikan seni, dan budaya tradisional, perlu diteruskan dengan kegiatan kegiatan seperti ini," ucap dia.

Karena itu, dalam acara pasar seni budaya di Pedepokan Saung Beureum Rengasdengklok, Ia sebagai anggota DPRD Komisi C telah membuat catatan yang penting untuk diprioritaskan Pemerintah Daerah Karawang dalam hal melestarikan seni, budaya dan juga kuliner tradisional Sunda sebagai jati dirinya di wilayah Jawa barat. "Yang terpenting, semangat dari para seniman lokal termasuk pemilik padepokan ini harus kita berikan motivasi supaya bisa lebih bersaing untuk ke depannya," ucapnya.

Sementara itu, kegiatan pasar seni dan budaya ini merupakan suatu kemasan yang dinilai paling apik, dan sukses dalam hal pemberdayaan para seniman, dan juga para pemuda lokal dalam wadah karang taruna. Karena itu, Camat Rengasdengklok, R. Sopandi, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pasar seni tradisional ini perlu dijadikan sebuah agenda rutin, karena bermanfaat positif dari segi ekonomi masyarakat dan seniman lokal.

0 komentar:

Posting Komentar