Jumat, 18 Maret 2011

GAMBARAN UMUM PROGRAM KERJA


GAMBARAN UMUM
PROGRAM KERJA
PENGURUS CABANG PEMUDA BULAN BINTANG KABUPATEN KARAWANG
PERIODE 2011 – 2015

PENDAHULUAN

Saat ini kita berada diera abad ke-21. Sebuah abad yang ditandai dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang komunikasi dan informasi. Pola kehidupan juga telah dipengaruhi oleh trend masyarakat dunia. Kita memang berada dalam sebuah zaman yang serba terbuka, dan transparansi adalah ciri dari sebuah masyarakat masa kini.

Pemuda Bulan Bintang salah satu organisasi kepemudaan Islam yang mencita-citakan terbentuknya pemuda yang memiliki kepekaan dan tanggungjawab terhadap peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat dan masa depan kelangsungan agama, bangsa, dan negara sangat berkepentingan terhadap suasana pembangunan yang memberi tempat terhormat bagi tegaknya nilai-nilai moral spritual. Pemuda Bulan Bintang berpendapat bahwa keluhuran ajaran agama islam dan ketinggian etik dan estetika yang dikandungnya seharusnya menjadi sumbu bagi setiap perubahan bangsa dan negara di masa depan, dengan demikian nilai dan semangat ajaran agama dapat mengawal terhadap setiap kemajuan dan perubahan yang terjadi di masyarakat.

Sebagai wadah berhimpunnya pemuda islam, Pemuda Bulan Bintang mempunyai tanggungjawab yang tinggi terhadap masa depan agama, bangsa, dan negara. Karena itu dalam menghadapi berbagai persoalan dan perubahan di masa depan, peningkatan sumber daya pemuda yang merupakan komponen terbesar bangsa, akan menjadi tema dari setiap program Pemuda Bulan Bintang. Meningkatnya kualitas generasi muda Islam akan merupakan sumbangan yang cukup besar bagi agama, bangsa dan negara.

Upaya untuk memperkuat posisi masyarakat adalah cara yang memungkinkan rakyat semakin berdaya dalam proses pembangunan.



Sebab pemberdayaan masyarakat pada gilirannya akan menempatkan rakyat pelaku sekaligus tujuan pembangunan. Kalau rakyat mayoritas

adalah Islam, maka merekalah yang terbesar akan memiliki andil sekaligus menikmati hasil pembangunan. Dan dalam situasi kehidupan masyarakat seperti itu, ia akan memiliki kearifan dan kedewasaan dalam melihat setiap masalah pembangunan

Pemuda Bulan Bintang sebagai wadah berhimpunnya pemuda Islam dapat menjadi kekuatan yang efektif dalam upaya pemberdayaan masyarakat, khususnya generasi muda Islam dengan meningkatkan kualitas sumber daya pemuda. Dan hal ini sangat ditentukan oleh kemampuan Pemuda Bulan Bintang dalam menentukan pilihan-pilihan prioritas programnya.

II.  PRIORITAS PROGRAM

1.     Konsolidasi Internal

a.     Pengembangan pengurus Pemuda Bulan Bintang di semua tingkatan; dimaksudkan sebagai wadah berhimpunnya pemuda Islam di semua daerah yang menjangkau wilayah kabupaten karawang dan menjangkau pemuda Islam yang memiliki visi dan cita-cita yang sama dengan Pemuda Bulan Bintang.
b.     Pembinaan kepengurusan di semua tingkatan; dimkasudkan terwujudnya program-program Pemuda Bulan Bintang yang dapat memberi nilai tambah bagi peningkatan kualitas sumber daya pemuda baik dalam pengembangan jati diri maupun pengembangan profesi.
c.      Kepengurusan Pemuda Bulan Bintang di semua tingkatan hendaknya tanggap dan cepat dalam memahami setiap bentuk aspirasi dan persoalan di masyarakatnya dan mampu memberi alternatif bagi penyelesaian masalah.







d.     Untuk keperluan point a, b, dan c maka pembinaan pengurus dimaksudkan bagi terciptanya kepengurusan yang solid dan memiliki jaringan kerja dengan pihak yang dapat mendukung keperluan organisasi.

2.     Konsolidasi Eksternal

a.     Pemuda Bulan Bintang Karawang perlu mencermati terhadap berbagai persoalan yang menyangkut kepentingan agama, bangsa dan negara
b.     Sebagai komponen masyarakat, Pemuda Bulan Bintang Karawang perlu membina kerjasama di antara sesama lembaga kemasyarakatan dan pihak-pihak terkait.
c.      Perlunya kerjasama dengan pihak-pihak lain yang dapat mendukung program-program Pemuda Bulan Bintang.
d.     Perlunya sebuah jaringan kerjasama informasi dan komunikasi dengan berbagai pihak yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pengambilan kebijakan pengurus.

3.     Penataan Kesekretariatan

a.     Perlunya diciptakan sistem kesekretariatan yang dapat memberi daya dukung bagi kegiatan organisasi di semua tingkatan kepengurusan.
b.     Perlunya ditertibkan sistem keanggotaan.
c.      Untuk menunjang program pada point a dan b, perlu memanfatkan kemajuan teknologi yang dapat memberi kecepatan kerja.
d.     Perlu diciptakan sebuah lembaga kesekretariatan yang dapat berfungsi sebagai koordinatif atas berbagai kegiatan Pemuda Bulan Bintang ditingkat Kecamatan.

4.     Konsolidasi Kader

a.     Perlunya dibuat pelatihan/pengkaderan yang memadukan antara sifat kepemudaan, jati diri dalam berbagai jenjang.






b.     Perlu diciptakan sebuah sistem pelatihan yang dapat memberi daya dukung bagi profesinya atau memberi nilai tambah bagi pemuda.
c.      Pengkaderan dilakukan untuk menjaring sebanyak-banyaknya pemuda Islam.

5.     Pemberdayaan Sosial Ekonomi

a.     Perlu diciptakan sebuah aktivitas organisasi yang dapat memberi daya dukung bagi kepentingan pendanaan organisasi melalui usaha-usaha sosial ekonomi.
b.     Perlunya dicarikan terobosan bagi usahawan Pemuda Bulan Bintang dalam mengembangkan usahanya.
c.      Perlunya dorongan bagi kader Pemuda Bulan Bintang untuk lebih mencintai dunia wirausaha.

6.     Pengembangan Pertanian dan Peternakan

a.     Dalam rangka peningkatan kesejahteraan petani dan peternak perlu adanya kerjasama dengan instansi/pihak-pihak terkait untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan para petani dan peternak.
b.     Perlu adanya projek percontohan baik dibidang pertanian maupun dibidang peternakan.


                                                                   Karawang; 23 Rabiul Awal  1432 H
                                                                                                                                      26 Februari         2011M

Pengurus Cabamg
Pemuda Bulan Bintang
Kabupaten Karawang




Rohendra Fathammubina, SH                                   Syarifuddin Petta Beddu, SP
                    Ketua                                                                        Sekretaris
Cc/Fie

0 komentar:

Posting Komentar