Sabtu, 26 Februari 2011

PERSIS

Persatuan Islam (Persis) adalah organisasi Islam yang didirikan pada 12 September 1923 dan berbasis di kota Bandung. Tokoh Persatuan Islam yang paling dikenal adalah A Hasan. Persis bukanlah lembaga yang bergerak di bidang politik, tetapi lebih pada bidang dakwah dan pendidikan.
Awal mula pendiriannya adalah dari rasa keprihatinan atas menjangkitnya sikap taklid buta yang dialami muslim, terutama mereka yang awam, kepada ulamanya. Mereka melakukan apa pun yang dilakukan ulamanya tanpa melihat itu benar atau salah. Selain itu, berkembangnya pemikiran yang menyimpang dan bercampurnya antara agama dan tradisi membuat mereka segera bertindak untuk membangun sebuah fondasi yang bisa mengembalikan umat kepada Al-Quran dan Sunah.
Pada 1936, didirikanlah pesantren persatuan islam di kota bandung oleh A. Hassan,  M. Natsir, R. Abdul Qadir, dan M. Ali Al-Hamidi. Tujuan pendirian pesantren ini ialah untuk menampilkan para pendakwah yang mampu menyiarkan, mengajar, membela, dan mempertahankan agama Islam yang benar di mana pun mereka berada. Pesantren tersebut dipindahkan ke Bangil pada 1940.

0 komentar:

Posting Komentar