Rabu, 02 Februari 2011

Karang Taruna Dihidupkan Lagi

  Pembentukan kepengurusan Karang Taruna di Kecamatan Banyusari.

  Generasi muda merupakan generasi penerus perjuangan bangsa dan sumber daya insani bagi pembangunan negeri ini. "Generasi muda perlu mendapatkan perhatian khusus dan kesempatan yang seluas-luasnya untuk dapat tumbuh dan berkembang secara wajar, baik jasmani, rohani maupun sosialnya," kata Camat Banyusari Koswara dalam sambutanya saat pembentukan pengurus baru Karang Taruna Kecamatan Banyusari, kemarin.

Karena itu, katanya, dia berharap Karang Taruna mampu memikul tugas dan tanggung jawab untuk kelestarian kehidupan masyarakat Banyusari. Dikatakan juga, dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya, terdapat generasi muda yang menyandang permasalahan sosial seperti kenakalan remaja, penyalahgunaan obat dan narkota, anak jalanan dan sebagainya baik yang disebabkan oleh faktor dari dalam dirinya (internal) maupun dari luar dirinya (eksternal). "Karena itu perlu upaya, program dan kegiatan yang secara terus menerus melibatkan peran serta semua pihak baik keluarga, lembaga pendidikan, organisasi pemuda, masyarakat dan terutama generasi muda itu sendiri," jelasnya.

Koswara juga mengatakan, pembinaan generasi muda perlu dilakukan dengan mengembangkan suasana kepemudaan yang sehat dan tanggap terhadap pembangunan masa depan, sehingga akan meningkatkan pemuda yang berdaya guna dan berhasil guna. "Dalam hubungan itu perlu dimantapkan fungsi dan peranan wadah-wadah kepemudaan seperti Karang Taruna dan organisasi fungsional pemuda lainnya," bebernya.

Sementara itu, salah seorang pengurus Karang Taruna Kecamatan Banyusari, Bukhori mengatakan, generasi muda dalam proses pertumbuhan menghadapi berbagai permasalahan yang perlu diupayakan penanggulangannya dengan melibatkan semua pihak. Permasalahan umum yang dihadapi oleh generasi muda di Indonesia dewasa ini antara lain terbatasnya lapangan kerja yang tersedia. "Dengan adanya pengangguran dapat merupakan beban bagi keluarga maupun negara sehingga dapat menimbulkan permasalahan lainnya," ujarnya.

Dirinya berharap, dengan adanya pembentukan kembali Karang Taruna dimaksudkan sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat, khususnya generasi muda dalam rangka mewujudkan rasa kesadaran dan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat pada umumnya. "Tujuannya tidak lain adalah terwujudnya kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda di desa yang mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial di lingkungannya melalui usaha-usaha pencegahan, pelayanan dan pengembangan sosial

0 komentar:

Posting Komentar